Smaller Default Larger

BI Optimis Modal Asing Tetap Masuk ke Indonesia Tahun Depan

Jumat, 31 Oktober 2014 | 15:17 WIB

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/10/31/151725626/BI.Optimis.Modal.Asing.Tetap.Masuk.ke.Indonesia.Tahun.Depan

Ilustrasi dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) optimistis dengan masih terbukanya kemungkinan aliran dana masuk ke Indonesia, dengan memperhatikan sejumlah indikator.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan beberapa indikator yang membuatnya optimis itu antara lain perbaikan defisit neraca berjalan, penurunan inflasi, dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Pertama dari sisi fundamentalnya kita lebih baik. defisit neraca berjalan akan lebih rendah, dari sisi inflasinya juga lebih rendah. Yang ketiga dari sisi pertumbuhan ekonomi lebih baik. Dari sisi fundamentalnya, cap inflow lebih baik dan mendorong rupiah lebih apresiatif," ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Hanya saja, Perry juga menyebutkan bahwa aliran modal asing tidak hanya dipengaruhi oleh faktor-faktor dari dalam negeri. Faktor eksternal, seperti keputusan Bank Sentral Amerika Serikat juga akan mempengaruhi aliran modal tersebut. "Cuma masalah faktor-faktor teknikalnya, Fed Fund Rate, yang akan mempengaruhi pergerakan aliran dana masuk dari waktu ke waktu dan juga nilai tukar," terangnya.

Perry mengungkapkan bahwa meski pihaknya optimistis aliran modal di tahun depan akan lebih baik, fluktuasi tetap terjadi. Kabar baiknya, fluktuasi aliran modal tersebut akan lebih rendah dari 2014 ini.

"(Fluktuasi) masih akan ada tapi fluktuasinya lebih rendah dari tahun ini karena fundamentalnya lebih baik. Kepastian mengenai kebijakan The Fed semakin jelas. Apalagi, kalau ada langkah-langkah konkret kalau kebijakan pemerintah, dari policy fiskal, perbaikan iklim investasi, akan mendukung faktor-faktor positif bagi inflow ke depan," pungkasnya.

Galeri Foto TUK CIMBA Medan