Smaller Default Larger

Bagaimana Pilih Asuransi Kesehatan yang Tepat?

REP | 22 April 2015 | 13:46

http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2015/04/22/bagaimana-pilih-asuransi-kesehatan-yang-tepat-720058.html 

ORANG dengan  kebiasaan sehat yang baik, akan memiliki kesehatan, memiliki energi  yang banyak, memiliki hidup yang lebih baik, dan umur yang lebih panjang. Sayangnya saat  ini  karena kesibukan sehari-hari dan kondisi lingkungan, terkadang membuat  kesehatan menjadi  terabaikan.

 

Kurang istirahat, kurang, tidur, asupan makanan yang tidak teratur, kurang berolahraga, dan kegemukan memicu munculnya berbagai penyakit kritis, seperti stroke, jantung, kanker, diabetes,hipertensi, angioplasti, dan lainnya.  Data Departemen Kesehatan (Depkes) tahun 2012  menyebutkan sebanyak  5  dari 10 orang Indonesia rentan penyakit kritis di usia produktif.

 

Jika sudah terkena penyakit, terutama di usia produktif , biaya menjadi suatu hal yang tidak murah. Keluarga akan repot dan berusaha untuk mencukupkan dengan memberikan pengobatan terbaik supaya sembuh meski biaya yang dikeluarkan sangat mahal. Bahkan  tak jarang menjual asset. Di saat inilah, kebutuhan akan asuransi kesehatan menjadi sangat penting.   Asuransi kesehatan membantu ketersediaan dana jika  peserta asuransi terserang gangguan kesehatan atau penyakit.

 

Namun, saat ini banyak   perusahaan asuransi  yang menawarkan program kesehatan yang katanya sangat menguntungkan bagi nasabah sehingga timbul pertanyaan. Seperti apa perusahaan asuransi yang tepat dan cocok untuk  diri pribadi dan keluarga.Bagaimana pilih produk asuransi kesehatan yang tepat?

Prof. Dr Adler H Manurung, R. F.C dalam bukunya  Succesful Financial Planner menyatakan, banyaknya perusahaan asuransi memang perlu dicermati.  Praktisi keuangan yang aktif menjadi kolumnis  di  sejumlah media nasional itu menyajikan beberapa tips  sebagai berikut :

 

1.     Pilihlah perusahaan asuransi  yang terpercaya,  memiliki produk dan layanan yang bagus. Cobalah melakukan perbandingan dengan  beberapa perusahaan asuransi kesehatam terpercaya dan memiliki layanan prima, biasanya mereka memiliki banyak cabang  dan Anda dapat melihat catatannya melalui media. Bandingkanlah manfaat dan premi yang dibayarkan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membayar premi.

 

2.   Sebelum memutuskan mengambil asuransi kesehatan, pelajari dulu apa yang mereka tawarkan dan apa keuntungan yang didapat. Baca hingga detail terkecil karena terkadang mereka (perusahaan asuransi) mencantumkan syarat yang tidak jelas terbaca.

 

3.     Jika ingin memilih asuransi, pilihlah asuransi yang berdasarkan nilai ekonomi pengganti  jika nantinya terjadi risiko dan bukan karena preminya.

 

4.     Jika perusahaan tempat kitas bekerja tidak memberikan asuransi kesehatan, kita dapat berinisiatif mengikuti program asuransi kesehatan kolektif dengan rekan sesame pegawai di perusahaan kita. Hal ini akan menguntungkan karena premi yang dibayarkan akan lebih rendah meski mungkin tidak dapat mengadopsi 100 % sesuai dengan kemauan kita karena disesuaikan juga  dengan  kebutuhan secara kelompok. (dhu)

 

MIUltimate Healthcare dan Gelang Kebugaran 

SELALU sehat, bugar, dan memiliki energi yang cukup besar. Hidup tanpa penyakit dan rasa sakit. Saat ini dengan kemajuan luar biasa dalam ilmu medis memungkinkan untuk mendesain kualitas kesehatan, kebugaran, dan usia. Sayangnya, orang kerap mengabaikan dan baru sadar ketika sudah terkena penyakit yang membutuhkan biaya banyak. Cukupkah dana yang tersedia? Sudah mengcover semuakah asuransi kesehatan yang dimiliki?

 

Memahami kekhawatiran yang muncul akibat biaya kesehatan yang terus naik setiap tahunnya hingga mencapai 14 % (survei data tower watson), Manulife Indonesia mengeluarkan produk asuransi kesehatan  MiUltimate HealthCare pada 14 April 2015. Asuransi kesehatan ini merupakan yang pertama di Indonesia karena  menyediakan program kesehatan sebagai manfaat tambahan bagi nasabah.

 

Asuransi ini memberikan perlindungan kesehatan hingga berusia 80 tahun sesuai dengan tagihan kesehatan dari rumah sakit tempat nasabah menjalani perawatan penyakit, baik dirawat di dalam negeri maupun di luar negeri. Produk asuramsi ini juga menawarkan menawarkan manfaat unik, seperti fisioterapi dan chiropatic.Masih terdapat pilihan manfaat tambahan berupa rawat jalan, perawatan gigi, dan manfaat kelahiran. 

 

Selain itu, untuk menggalakkan gaya hidup sehat, Manulife Indonesia memberikan sebuah gelang kebugaran Garmin vivofit secara gratis kepada nasabah  produk MiUltimate HealthCare, dalam waktu terbatas.  Bila nasabah secara rutin melakukan sinkronisasi data dengan aplikasi mobile app MiHealth, nasabah berkesempatan mendapatkan potongan premi sampai 10 persen. MIULTIMATE Healthcare dapat menjadi pilihan asuransi kesehatan pribadi dan keluarga. (dhu)

Galeri Foto TUK CIMBA Medan