Smaller Default Larger

Kelulusan TUK

Tes dan Uji Kompetensi (TUK) dilaksanakan secara tertulis, dengan ketentuan sebagai berikut : 

  1. Setiap peserta yang mengikuti TUK untuk pertama kali (peserta baru) harus menempuh semua rangkaian kegiatan ilmiah seperti Seminar/Workshop /Training dan lainnya sebagaimana ditetapkan Asosiasi.
  2. TUK tertulis dilaksanakan dengan metoda Pilihan Berganda (Multiple Choice) untuk keseluruhan dan masing-masing modul dengan jumlah soal maksimal 75 (tujuh puluh lima) dan 15 (lima belas) esai serta 10 soal pemecahan masalah (problem solving).
  3. TUK ditempuh dalam waktu maksimal 180 (seratus delapan puluh) menit atau ditetapkan lain oleh Komisi Penguji yang waktunya akan diumumkan terlebih dahulu.
  4. TUK Sertifikasi CIMBA atau CIMBA-P diawasi oleh Anggota Komisi Penguji atau petugas yang ditunjuk oleh Komisi Penguji.
  5. Penilaian hasil TUK akan didasarkan pada jawaban yang benar dan dinyatakan dalam bentuk angka desimal dari 0 sampai dengan 100. Untuk TUK berbentuk pilihan berganda, nilai untuk tiap-tiap soal sama besar dan ditentukan sebagai hasil bagi 100 dengan jumlah soal. Untuk TUK berbentuk esai  pemecahan masalah (problema solving), nilai untuk setiap soal akan ditetapkan pada lembar soal. Apabila tidak ditetapkan, metode serupa untuk menentukan nilai tiap-tiap soal TUK berbentuk pilihan berganda akan diterapkan.
  6. Peserta dikatakan lulus dalam TUK yang diikutinya apabila ia tidak didiskualifikasi, bila mendapatkan nilai minimal 70% dari jumlah soal dengan kriteria sebagai berikut : 

90-100 %

=

Lulus Memuaskan

70-89 %

=

Lulus

< 70 %

=

Tidak Lulus

 

a.  Pengumuman hasil TUK dapat dilihat di website AAPIP yaitu www.cimbaindonesia.com.

 

b.  Peserta  yang  sudah  lulus TUK akan mendapatkan sertifikat yang akan dikirimkan sesuai alamat pengiriman yang diberikan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja setelah pelaksanaan TUK.

 

c.  Peserta  TUK  Sertifikasi  CIMBA yang  mendapat nilai rata-rata dibawah 70 (tujuh puluh), dinyatakan TIDAK LULUS, dan apabila berminat untuk mengikuti TUK kembali pada kesempatan berikutnya dengan hanya mengambil mata uji yang gagal atau tidak lulus dengan biaya yang dihitung secara prorata.

 

d.  Setiap peserta pemilik sertifikat CIMBA secara otomatis menjadi Anggota Asosiasi sesuai dengan tingkatan atau klasifikasi profesi kelulusanya. Hak dan kewajiban setiap Anggota disesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Ruman Tangga Asosiasi.

 

e.  Hanya peserta pemilik sertifikat CIMBA yang berhak mengikuti CIMBA Profesionalisme (CIMBA-P). Permohonan untuk mengikuti program sertifikasi CIMBA-P diajukan anggota Asosiasi kepada Sekretariat AAPIP. Rangkaian aktivitas maupun kegiatan mengikuti program sertifikasi CIMBA-P diatur lebih lanjut dalam keputusan Asosiasi.

 

f.   Penerimaan atau penolakan permohonan mengikuti program sertifikasi CIMBA maupun CIMBA-P merupakan wewenang Dewan Pengurus setelah mendapat persetujuan Dewan Pendiri. 

 

g.  Keputusan Komisi Penguji mengenai hasil TUK tidak dapat diganggu gugat. 

Galeri Foto TUK CIMBA Medan